Agustus 06, 2017

Mengatasi space berlebih

Misalkan kita membuat document pada lembar excel terkadang kita dlm membuat space lebih dari 1x
Agar space terbaca 1x maka menggunakan fungsi bawaan excel yg bernama "Trim"
Ini contoh space berlebih


Kita gunakan fungsi Trim


Maka jadi sperti ini, perhatikan perbedaan space nya....


Setelah itu tinggal copy dengan menarik ke bawah


Selesai.

Menyembunyikan data

Yg di maksud dgn menyembuyikan data disini adalah misal ada tabel sebagian isi table agar tdk terlihat
misal table sperti

I4 sampai L18 ingin agar tdk terlihat.
Nah...caranya :
1. blok yg dinginkan tsb.
2. buka format cells.
3. pilih costum dibawah Type isi dengan  ;;;


4. ok.

Maka jadi seperti ini


Selesai.

Menambah kata Rp

Bila kita membuat tabel keuangan dan ingin menyisipkan kata Rp di depannya


Maka bisa di lakukan dgn edit costum caranya blok yg ingin disisipi kata Rp lalu :
1. buka format cells
2. pilih tab "Number"
3. klik costum dibawah kolom Type ketik kode ini  "Rp" #.##0


4. ok
Hasil akhir jadinya sperti ini


Cara kedua adalah dengan mengapit kata Rp dengan tanda kutip menjadi "Rp"
1. klik kanan pada cells yang dimaksud



Tambahkan  "Rp" pada kata General  menjadi : General"Rp" lalu ok


Bila ingin meletakan Rp di depan maka tulis "Rp"General



Selesai.

Agustus 04, 2017

Membuat List Validation

Bila ingin membuat List Validation seperti


Langkah-langkahnya adalah :

1. Klik cells yg mau di buat list misal pada cells C6


2. Klik Data (pada menu bar)
3. Klik Data Validation


4. Pilih List


5. Isi kolom yg tersedia yg sy beri panah, contoh sy ketik 1438;1439;1440;1441;1442;1443;1444;1445;1446 boleh di ketik apa saja misal A:B;C dan seterusnya dengan tanda pisah (;)


6. ok.

Ini tampilan yg sudah jadi



selesai.....





Menggabungkan nama

Untuk menggabungkan nama / kalimat pada cells excel agar terlihat rapih bisa menggunakan karakter "&" dengan formula : =nama&" "&nama&" "&lain"

nama yg ingin digabungkan seperti :


lakukan seperti formula diatas menjadi :


ini hasilnya :


Finnis............

Agustus 03, 2017

Membuat Nomor Urut Dan Huruf Kapital

Pada Kesempatan ini saya ingin membuat catatan mengenai
1. Membuat No Urut pada Excel
2. Mengubah Huruf kecil ke Huruf besar atau Kapital pada Excel

1)   Membuat Nomor Urut
      Maksud membuat nomor urut disini ialah agar setiap mengetik nama seseorang nomor urut di
      sebelahnya muncul
caranya :
1. Buatlah table


2. Isilah formula ini  =IF(C5<>"";COUNTA($C$5:C5)&"";"") pada B3 lalu tarik kebawah/drag sesuai yg diinginkan

Pada C3 silahkan ketik nama maka otomatis pada B3 muncul angka 1
Bila diketik nama dibawahnya maka otomatis muncul no 2 dan seterusnya....


2)   Mengubah Huruf kecil ke Huruf besar atau Kapital pada Excel
Mengubah Huruf kecil ke kapital pada Microsoft Word sangatlah mudah karna ada menu Bar tinggal mengubahnya dari menu yang tersedia,lain halnya pada Excel tidak ada menu untuk itu,oleh karnanya disini saya ingin membuat catatan dengan Fungsi Upper

Contoh :


langkah-langkahnya

1. Ketik  =UPPER(B2) pada cells kosong misal pada C2


2) lalu Enter.



3. Copy C2 ke bawah sampai pada text yang dinginkan misal sampai C4


4. Blok C2 sampai C4 seperti pada gambar no 3 diatas
5. Klik kanan pilih Copy lalu paste pada B2 dengan cara klik kanan pilih paste "123"

6. Maka jadi seperi ini :



Silahkan hapus Tulisan yang ada pada C2 sampai C4


Semoga dapat difahami.

Selesai....