Hukum akad nikah melalui telepon
bisa dilihat dalam kitab kifayatul ahyar juz 2 halaman 5
يُشْتَرَطُ فِى صِحَّةِ عَقْدِ النِّكَاحِ حُضُورُ أَرْبَعَةٍ: وَلِىٍّ وَزَوْجٍ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ.
Kenapa tidak sah?..karna disyaratkan dalam keabsahan akad nikah yaitu hadirnya empat orang yakni wali,calon pengantin dan dua orang saksi
Hukum talak melalui telpon
Hukum talak lewat telpon adalah sah
1. Berdasarkan hadist riwayat imam muslim
أَنَّ أَبَا عَمْرِو بْنَ حَفْصٍ طَلَّقَهَا الْبَتَّةَ , وَهُوَ غَائِبٌ، فَأَرْسَلَ إلَيْهَا وَكِيلَهُ بِشَعِيرٍ
Mahwa abu amer bin hafes menceraikan fathimah bintu qois dengan talak 3 ketika abu amer tidak ada bersamanya kemudian abu amer mengutus seseorang untuk memberikan gandum ke fathimah
Hukum talak lewat SMS
Hukum sang suami mentalak istri lewat sms atau bbm atau messenger dan lainnya hukum sah jika ada niat mentalak dari sang suami dan tidak sah jatuh talaknya jika tidak ada niat dari suami
Ibroh :
Hukum sang suami mentalak istri lewat sms atau bbm atau messenger dan lainnya hukum sah jika ada niat mentalak dari sang suami dan tidak sah jatuh talaknya jika tidak ada niat dari suami
Ibroh :
kitab asna al matholib juz 3 halaman 277
كَتْبُ الطَّلَاقِ وَلَوْ صَرِيحًا كِنَايَةٌ وَلَوْ من الْأَخْرَسِ فَإِنْ نَوَى بِهِ الطَّلَاقَ وَقَعَ وَإِلَّا فَلَا
Menulis talak walaupun berupa kalimat talak yang shorih atau jelas seperti kalimat talak,cerai ataupun pisah hukumnya menjadi kinayah,maksudnya bila ada niat dari suami maka jatuh talak dan bila tidak ada niat dari suami maka tidak jatuh talaknya